Mual Mual Perut Buncit? Jangan Jangan Kamu Hamil Say..


Hamil merupakan suatu anugerah bagi semua kaum perempuan, meskipun tak sedikit yang menganggapnya musibah bagi yang tak sengaja menginginkannya. Namun yang akan saya bahas disini adalah hamil yang anugerah, jadi Anda tak usah repot-repot menjauhkan anak kecil yang ada di samping Anda.

gejala wanita hamil, mual-mual saat kehamilan itu wajar, yang harus dilakukan suami saat istrinya sedang hamil, hamil diluar nikah berbahaya, cewek cantik hamil, ibu hamil harus jaga kondisi kesehatan  diamonita.blogspot.com

Kehamilan merupakan sebuah periode dimana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi suami istri yang baru pertama kali akan mendapatkan calon bayi, tentunya moment ini sangat ditunggu tunggu. Sehingga pada akhirnya mereka akan mencari tahu bahkan akan sangat protektif terhadap bakal calon bayi mereka di perut sang bunda.

Lalu gejala apa saja yang akan timbul saat masa kehamilan mulai terasa? Kapan si mahkluk asing mungil ini akan mulai berkembang di perut sang bunda? Ada 10 gejala yang akan wanita rasakan saat hamil:

1. Payudara membengkak dan lembut
rasa ngilu dan kesemutan di payudara adalah salah satu gejala awal. Bentuknya akan mulai berubah karena mulai mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI. Teksturnya akan berubah sedikit lembut dan sensitif selama beberapa bulan.

2. Mual Mual dan Sering meludah
Ini yg paling umum. Rasa mual diakibatkan karena peningkatan hormon HCG (Human Choironic Gonadotrophin). Efek pedih pada lapisan perut akan menimbulkan rasa mual ini. Biasanya rasa mual ini akan hilang saat memasuki trimester kedua kehamilan. Dan si Ibu hamil akan lebih sensitif terhadap bau-bauan tertentu. Terutama bau kentut.

gejala wanita hamil, mual-mual saat kehamilan itu wajar, yang harus dilakukan suami saat istrinya sedang hamil, hamil diluar nikah berbahaya, cewek cantik hamil, ibu hamil harus jaga kondisi kesehatan  diamonita.blogspot.com

3. Sembelit dan Kram Perut
Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil. Jadi jangan khawatir, itu normal koq.

4. Terlambat Haid
Yang ini harus Anda konsultasikan ke dokter. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Selain itu, kadang beberapa wanita juga bisa mengalami pendarahan atau spotting (timbul bercak darah).

5. Buang Air Kecil Makin Sering
Saat hamil, janin yang tumbuh di rahim akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah. Kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering.

6. Perubahan Mood
Wanita hamil memiliki mood yang gampang berubah. Satu waktu merasa sangat bahagia, namun beberapa waktu kemudian marah-marah pengen nempeleng wajah suami hanya karena masalah sepele. Tidak perlu mengkhawatirkan perubahaan mood ini karena normal. Mood berubah karena terjadinya perubahan hormon secara drastis di tubuh wanita hamil tsb. Hal ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormon baru.

7. Ngidam atau menolak makanan tertentu
Tanpa alasan yang jelas, mendadak wanita hamil akan sangat menginginkan makanan atau hal-hal tertentu, kadang keinginannya suka ada yang diluar nalar. Dulu tetangga saya ngidamnya pengen dibeliin bandros rasa stroberi dan kadang pengen jilatin tengkuk suaminya. Namun disini saya sarankan agar para suami (minimal) menuruti keinginan istrinya yg sedang hamil tersebut. Konon, katanya jika tidak dituruti, akan berpengaruh pada kesehatan si calon bayinya nanti.

8. Pusing dan sakit kepala
Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah. Bisa saja karena pasokan darah ke seluruh tubuh yang tiba-tiba meningkat.  Karena itu dijaga asupan makanannya.

9. Positif tes kehamilan
Hasil uji test pack menunjukkan tanda positif! Apakah itu artinya benar-benar hamil? Belum tentu! Anda baru akan mendapat jawaban yang akurat, setelah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan USG.

10. Ada janin yang berkembang di dalam rahim
Pemeriksaan USG menunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak di dalam kantung kehamilan? Selamat! Jaga perkembangan si kecil hingga tiba waktunya bersalin ya, Mamiih!



Yang sepatutnya suami lakukan saat istrinya hamil apa?
Menghiburnya, memperhatikan gizinya, bersedia berbagi sebagian tugasnya, hindari pertengkaran, memberikan pijatan secara teratur kepada sang istri, dan yang lebih penting jangan 'jajan diluar' saat istri sedang hamil. Hehe, intinya Anda harus jadi satpamnya!


gejala wanita hamil, mual-mual saat kehamilan itu wajar, yang harus dilakukan suami saat istrinya sedang hamil, hamil diluar nikah berbahaya, cewek cantik hamil, ibu hamil harus jaga kondisi kesehatan  diamonita.blogspot.com

Nah itulah tanda awal gejala kehamilan yang umum dan biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil muda. Namun tentunya tidak semua wanita akan mengalami hal tersebut. Untuk memastikannya, harus rutin konsultasi ke dokter kandungan atau bidan yang dipercaya.

loading...